Tuesday, February 19, 2013

Tips mengatasi sulit tidur di malam hari

Tidur merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Kurang tidur dapat meningkatkan resiko darah tinggi, obesitas, kelelahan, stress, dan penyakit lainnya. Jika anda mengalami kesulitan tidur, anda bisa melakukan beberapa tips sehat berikut ini :D

Jangan bekerja di tempat tidur.
Banyak orang yang membawa pekerjaannya sampai ke tempat tidur, baik masalah - masalah pekerjaan atau bahkan pekerjaan itu sendiri (mengerjakan tugas kantor di tempat tidur). Lupakanlah sejenak masalah pekerjaan anda, tentang klien, marketing dll. Jauhkan benda - benda yang terkait dengan pekerjaan anda seperti laptop dan handphone, agar anda dapat lebih santai dan tidur lebih nyenyak.
Tidurlah pada jam awal.
Tidur larut malam di atas jam 10 dapat menyebabkan anda insomnia atau penyakit susah tidur. Sering kali saat deadline pekerjaan menumpuk, kita memaksakan diri untuk terjaga sepanjang malam dan tidur pada pagi harinya. Hal ini tidaklah baik untuk dilakukan, para ahli menyarankan untuk tidur di awal waktu dan bangun pada jam 01 atau 02 untuk menyelesaikan pekerjaan lebih baik dari pada terjaga sepanjang malam. Tidur lebih awal sekitar jam 09 - 10 malam dapat membuat anda tidur lebih pulas dan bangun di awal pagi (jam 01 - 02) membuat anda bangun lebih segar.
Matikan lampu.
Memaikan lampu saat tidur malam dapat memicu pelepasan hormon melatonin. Melatonin sendiri adalah hormon yang mempengaruhi kualitas tidur anda dan dapat membantu bagi penderita insomnia.
Bersepeda dan berjalan - jalan membuat tidur pulas.
Berolah raga adalah cara yang paling efektif untuk membuat anda tidur pulas pada malam hari. Tubuh yang segar bugar membuat kondisi psikis kita selalu dalam kondisi baik dan tenang. Hal inilah yang membuat tidur kia lebih berkualitas dan tidur sangat pulas. Penelitian menunjukan bahwa orang yang berolah raga mempunyai kualitas tidur lebih tinggi dari pada orang yang berdiam diri di rumah. Kualitas tidur dinilai dari efek yang diberikan kepada tubuh misalnya tubuh menjadi segar, bukan dinilai dari lamanya kita tidur)

Itulah beberapa tips sehat bagi anda yang sulit tidur :D

Jika informasi ini bermanfaat bagi anda, silahkan sebarkan kepada teman anda agar lebih bermanfaat :D

0 comments: