Tuesday, February 19, 2013

Bising yang mengganggu kesehatanku

Polusi suara termasuk suara bising dari lingkungan sekitar, dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Suara sepeda motor, suara musik tetangga yang terlalu keras atau suara kereta api yang melintas di sebelah rumah, merupakan polusi suara yang sangat menganggu tentunya.

Penelitian dari organisasi kesehatan dunia (WHO) menunjukan polusi suara dapat menyebabkan sakit kepala, mual tekanan darah tinggi sampai serangan jantung jantung. Penelitian juga menunjukan serangan jantung meningkat sampai 30 persen pada pria yang bekerja di lingkungan bising dan melonjak sampai 300 persen pada wanita di lingkungan yang bising.

Selain menghindari tinggal di dekat jalan raya atau tempat bising lainnya, anda bisa menggunakan kaca kedap udara untuk mengurangi polusi suara, atau menggunakan sepeda dari pada kendaraan bermotor sehingga anda juga mendukung gerakan anti polusi suara, udara dan juga mengurangi tingkat kemacetan :D

Selain serangan jantung, beberapa gangguan lain juga muncul akibat polusi suara diantaranya adalah :

Sulit tidur
Tentu sangat menyebalkan sekali jika anda harus terjaga sepanjang malam karena suara berisik tetangga anda yang menyalakan musik hingga pagi. Hal ini tentu membuat anda sulit tidur di malam hari, meskipun beberapa orang tidak terlalu terpengaruh akan hal ini.
Stres
Kurang tidur akan memicu timbulnya stres, begitu pula suara bising yang mengganggu.
Mudah marah
Suara bising akan membuat kita bad mood sehingga dengan mudah emosipun terpicu meskipun hanya di sebabkan oleh hal - hal yang kecil.
Darah Tinggi
Orang yang sering marah, atau mudah tersinggung meningkatkan resiko terkena darah tinggi. Begitu juga orang yang sering terganggu oleh polusi suara.

Jika anda memiliki lingkungan yang berpolusi suara (bising) anda bisa mensiasatinya dengan mendengarkan musik, berolah raga keluar rumah atau ke tempat yang nyaman seperti taman, danau, dll. Aktivitas berolah raga meskipun hanya berjalan - jalan dan bersepeda dapat membuat anda segar bugar, tidur lebih nyenyak, fresh dan tetap pada kondisi good mood, sehingga polusi suara tidak begitu berpengaruh pada anda. :D

Jika informasi ini berguna bagi anda, silahkan sebarkan pada teman anda agar informasi ini lebih bermanfaat lagi.

0 comments: