Monday, January 21, 2013

Tips membangun rumah (properti) : Memilih Kayu


Sobat, Rumah adalah sebuah kebutuhan pokok bagi manusia dan kita tahu, semua orang tahu akan hal ini. Tapi, apakah sobat tahu bagaimana membangun rumah idaman yang diinginkan? Kayu seperti apa yang baik digunakan? dan lain - lain...

Banyak orang yang hanya ingin membeli rumah (baik perumahan di kota atau di desa) dengan cara yang praktis yaitu membeli dari agen properti. Memang dengan cara itu kita bisa mendapatkan rumah dengan cara yang praktis, tidak perlu menyewa tukang bangunan, mendesain rumah dari lantai hingga atap, tinggal pilih, beli dan tempati, praktis! Tapi, hanya membeli dan menyerahkan urusan pembangunan rumah pada agen properti membuat sebagian orang yang mempunyai keinginan untuk membangun rumah impian, kurang puas.

Nah, bagi sebagian orang ini, membangun rumah dengan desain yang diinginkan (rumah impian) sangatlah penting. Kalau sobat termasuk orang yang ingin membangun rumah impian, atau hanya merenovasi, di postingan kali ini, saya akan membahas tips - tips untuk membangun atau merenovasi rumah sendiri agar dapat menjadi acuan bagi sobat sekalian.

Memilih Kayu

Sobat, dalam hal memilih kayu untuk membangun rumah, sangatlah penting! Tapi, dengan banyaknya jenis kayu di pasaran, pasti membuat kita bingung. Mana yang baik untuk bangunan dan mana yang tidak. Kesalahan dalam memilih kayu sangatlah fatal. Misalnya kita memilih kayu yang mudah lapuk untuk rumah kita dan terlanjur memasangnya. Tentu saja kita harus membongkar rumah kita untuk menggantinya. merepotkan sekali bukan...
Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah tips memilih kayu yang baik untuk konstruksi rumah...

Kayu Merbau

  1. Pilihlah kayu jenis kayu yang sangat kuat dan anti rayap seperti kayu Jati, kayu Merbau, kayu Besi, atau kayu Bayam. Kayu - kayu jenis ini sangat baik untuk konstruksi selain sangat kuat dan anti rayap, kayu jenis ini tahan lama sehingga sobat tidak perlu menggantinya dalam jangka waktu yang sangat lama.
  2. Jenis kayu diatas mempunyai tekstur yang khas, yaitu berwarna merah kecoklatan cenderung gelap dan terkesan sangat kuat. Dan memang sangat kuat! Saya sendiri pernah mencoba memaku kayu Besi dengan paku ukuran sedang, dan terbukti kekuatannya. Bukannya paku menembus kayu, malah pakunya yang putus. Cocok sekali untuk konstruksi rumah yang kuat.
  3. Kayu Besi (Bekas Paku yang putus)
  4. Meskipun kayu - kayu keras seperti jati, kayu besi dll. anti rayap, tapi tidak menutup kemungkinan kayu tersebut 100% anti rayap. Banyak faktor seperti cuaca, suhu dll. yang membuat kayu - kayu ini menjadi sasaran empuk bagi rayap. Agar menjamin kayu bebas rayap, gunakan obat anti rayap. Biasanya obat ini di semprotkan ke tanah sebelum kayu dipasang. Salah satu cara tradisional yang masih dipakai adalah melapisi kayu dengan solar dan dikeringkan (bukan dibakar, tapi di keringkan) untuk menghindari kayu dimakan rayap.
  5. Jangan pilih kayu yang mempunyai belang. Karena kayu yang mempunyai belang (putih) biasanya lebih rentan dimakan rayap dan lebih mudah lapuk.
  6. Tips terakhir apabila sobat sudah melakukan tips di atas, tetapi masih belum yakin. Konsultasilah dengan ahlinya atau yang berpengalaman. Bisa tetangga, teman atau penjual yang benar - benar mengerti tentang kayu.
 Itu adalah beberapa tips untuk memilih kayu, tips lain mengenai membangun rumah akan saya bahas di postingan selanjutnya...

Semoga bermanfaat!

Referensi :
www.okezone.com
www.google.com (gambar)

0 comments: