Sunday, January 6, 2013

Honeydrew : buah manis, segar nan bermanfaat



"Honeydrew", hmmm... buah yang satu ini pasti sobat udah ngga asing lagi...
Bentuknya bulat seperti semangka, mempunyai warna daging buah hijau muda hingga jingga, dan mengandung banyak air. Yups... "honeydrew" adalah bahasa inggris dari buah melon... Lho kenapa namanya bukan melon aja? Melon diberikan istilah "honeydrew" untuk membedakan dengan semangka yang bahasa inggrisnya "water melon".Nah, sobat buah manis dan segar yang banyak ditemukan disekitar kita ini ternyata punya banyak manfaat lho... bukan hanya bermanfaat untuk campuran rujak manis, es lodeh atau es buah saja, tapi bermanfaat juga bagi kesehatan kita...

Setelah baca - baca dari berbagai sumber baik dari buku maupun dari mbah google juga pengalaman pribadi, ini adalah beberapa manfaat dari buah melon bagi kesehatan kita...

1. Baik bagi ginjal serta mencegah penyakit ginjal
Sobat tentunya sudah tahukan bahwa melon punya kadar air yang sangat tinggi. Kadar air pada melon berkisar antara 90% hingga 95% lho...  Tingginya kadar air ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita yang sangat membutuhkan air terutama bagi ginjal. Ginjal yang berfungsi sebagai tempat penyaringan sekaligus penghasil urine ini sangat membutuhkan air untuk proses penyaringan tersebut. Kalau ginjal kita kekurangan air, bisa menyebabkan penyakit ginjal seperti kencing batu dan timbulnya sakit pada pinggang. Selain air, melon juga punya yang namanya daya diuretik yang dapat membuat ginjal kita bersih dan sehat.

2. Memperlancar saluran pencernaan dan mencegah sembelit
Susah BAB (Buang Air Besar)? Perut sering mules karena sembelit? itu tandanya sobat perlu makan buah yang mengandung banyak serat seperti buah melon. Serat ini membantu bakteri baik untuk melakukan tugasnya untuk membersihkan usus dan lambung serta membuat "ampas" didalam perut agar mudah dikeluarkan sehingga proses BAB bisa berjalan lancar...

3. Mengobati dan mencegah panas dalam
Panas dalam sebenarnya bukan penyakit melainkan gejala yang ditimbulkan oleh tubuh akibat kekurangan vitamin C, serat atau dehidrasi. Biasanya gejalanya berupa munculnya sariawan (lumpangen dalam B. Jawa), tenggorokan kering, dan bibir pecah - pecah. Kalau sobat mengalami gejala ini, sobat bisa mengobatinya dengan memakan buah melon yang enak dan segar... karena di dalam buah melon terdapat vitamin C, serat dan kandungan air yang cukup banyak sehingga panas dalampun reda... :)

4. Anti kanker
"Antioksidan", itulah zat pencegah dan pembunuh sel kanker yang terdapat pada buah melon. Antioksidan berupa karotenoid (yang menimbulkan warna merah, kuning atau jingga pada daging buah melon) ini berperan penting untuk menghambat oksidasi oleh radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker, kerusakan protein dan DNA juga penuaan. Selain itu antioksidan ini juga dapat membunuh bibit kanker yang mulai timbul didalam tubuh.

5. Menurunkan resiko serangan jantung dan stroke
Serangan jantung dan stroke selalu berkaitan dengan tersumbatnya aliran darah didalam tubuh. Baik dikarenakan oleh pola makan maupun faktor lain seperti kecelakaan. Hal ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung koagulan seperti buah melon (kecuali kecelakaan lho ya.... :)). Antikoagulan adalah zat yang mencegah terjadinya penggumpalan darah pada aliran darah dan memperlancar peredaran darah sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya stroke dan serangan jantung.

6. Mengobati eksim dan membuat kulit lebih kenyal
Apakah sobat ingin sembuh dari penyakit kulit (eksim)? atau ingin memiliki kulit yang indah dan kenyal? saya sarankan sobat rajin2 mengkonsumsi buah melon ini... kenapa? karena buah melon memiliki daya diuretik yang baik (sehingga bisa mengobati penyakit eksim yang akut) dan memiliki kolagen yaitu struktur pembangun tulang, sendi, gigi, otot dan kulit yang membuat kulit terlihat muda dan lebih kenyal.

Dan satu lagi, buah melon memiliki kandungan gula yang rendah seperti madu sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan kencing manis.

Bagaimana sobat? banyak juga kan manfaat buah melon ini...
bukan hanya enak dimakan tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita...

Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat sekalian...
dan jangan lupa share kepada teman ya... agar informasi ini lebih bermanfaat...


0 comments: